Selasa, 07 Juni 2016

Pasujudan Sunan Bonang Rembang

Maulana Makdum Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan Sunan Bonang adalah salah satu dari tokoh Walisongo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Disalah satu perbukitan di tepi laut jalan pantura Rembang-Jawa Timur tepatnya di Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang menjadi saksi sejarah persinggahan Sunan Bonang. 

Di Desa ini sekarang menjadi lokasi wisata religi karena di sana terdapat berbagai benda-benda peninggalan Sunan Bonang seperti Omah Gede yang sekarang dipergunakan sebagai masjid, ada juga bende Bonang yaitu sebuah Gamelan milik Sunan Bonang yang digunakan beliau untuk berdakwah. Selain itu terdapat petilasan yang disebut pasujudan Sunan Bonang. Konon tempat tersebut merupakan tempat Sunan Bonang melakukan ibadah serta bermunajat kepada Allah SWT.
Di pasujudan inilah, banyak peziarah menirukan hal yang sama seperti dilakukan Sunan Bonang yaitu bermunajat. Untuk pengunjung yang ingin menginap di tempat ini maka harus memenuhi syarat yaitu menunjukkan identitas diri kepada pihak pengelola serta tidak boleh melakukan kemusyrikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar