Selasa, 14 Juni 2016

Waduk Klambu Grobogan

Waduk atau bendungan Klambu ini terletak di 11 kilometer dari pusat kota Purwodadi, tepatnya di desa Klambu, Grobogan. Waduk ini merupakan waduk yang multifungsi. Aliran air waduk ini berasal dari waduk Kedung Ombo dan aliran sungai Lusi dan Serang. 

Waduk ini memberi sumbangsi besar atas kebutuhan air bersih bagi masyarakat Grobogan, Semarang, Kudus, Pati dan Demak sebesar 15.000 liter / detik melalui pipa dalam tanah sepanjang 45 kilometer. Waduk Klambu selalu melimpah air meskipun di musim kemarau. Selain itu, waduk ini memiliki fungsi irigasi untuk persawahan di wilayah kabupaten Grobogan, Kudus dan Pati. 

Kemanfaatan lainnya adalah sebagi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sebagai objek wisata, waduk ini memang tidak sepopuler waduk Kedung Ombo, namun waduk ini tetap ramai dikunjungi wisatawan dari area Grobogan dan sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang eksotis disini. Air yang berkilau terkena pantulan cahaya matahari menjadikan pesona tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, anda juga dapat memancing ikan, atau kalau tidak mau repot, anda bisa memesan ikan bakar di warung yang masih berada di kawasan waduk Klambu. Jadi, kalau anda sedang berada di area Grobogan tidak ada salahnya berkunjung atau istirahat sejenak di waduk Klambu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar