Kamis, 16 Juni 2016

Air Terjun Kalimancur Semarang

Kawasan wisata air terjun Kali Pancur ini berada di desa Nogosaren, kecamatan Getasan, kabupaten Semarang, sekitar 14 Km sebelah barat kota Salatiga. Untuk menjangkau tempat ini, anda harus membawa kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang menuju tempat ini. 

Kondisi jalan menuju air terjun sudah cukup baik, hanya beberapa ratus meter sebelum lokasi jalannya agak terjal dan belum beraspal. Anda akan disuguhi pemandangan lereng gunung Telomoyo dan gunung Merbabu selama diperjalanan. Dengan begitu anda tidak akan merasa bosan dan lelah. 

Sesampainya di pintu gerbang , anda harus memarkir kendaraan anda dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati sekitar 800 anak tangga sepanjang 900 meter. Sebelum masuk, anda harus membayar uang retribusi sebesar Rp. 2500 per orang. Sepanjang perjalanan anda menuruni anak tangga, anda akan disambut gemericik air yang jatuh dari ketinggian kurang lebih 100 meter. Sesampainya di lokasi air terjun, anda akan disambut mesra oleh cipratan air terjun yang jernih dan menyegarkan. 

Selain itu, mata anda tidak akan pernah bosan memandangi air terjun diantara tumbuhan hijau berhiaskan relief batuan alam. Di dinding tebing air terjun tersebut, anda akan menemukan goa-goa kecil tempat walet bersarang yang semakin menambah eksotisme tempat ini. Pastikan anda dalam keadaan fit jika ingin berkunjung di tempat ini, karena anda akan dibuat lelah naik turun tangga untuk menuju dan sepulang dari air terjun Kali Pancur. Selamat berpetualang !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar