Kamis, 16 Juni 2016

Curug 7 Bidadari Semarang

Curug Tujuh Bidadari merupakan sebuah air terjun yang terletak di desa Keseneng, kecamatan Sumowono, kabupaten Semarang. Menurut mitos yang diyakini oleh masyarakat setempat, dahulu ada seorang bidadari yang dikutukdan kemudian bidadari tersebut diikuti enam bidadari lainnya turun dan mandi di curug ini untuk menyembuhkan kutukannya. Jadilah curug ini dinamakan Curug Tujuh Bidadari.

Air terjun ini tidak begitu tinggi, akan tetapi ia memiliki daya tarik lain, yaitu air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan yang masing-masing air terjun memiliki tujuh kolam yang terbentuk alami dan tertata sedemikian rupa. Ketinggian air terjun ini dari tingkat satu menuju tingkat dua sekitar 6 meter dengan kolam di bawahnya yang memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter. Kemudian dari air terjun tingkat kedua ke tingkat ketiga memiliki ketinggian 7 meter dengan kedalaman kolam sekitar 5 meter.

Keistimewaan lain dari tempat ini adalah anda tidak perlu melewati perjalanan yang melelahkan dengan melalui jalanan yang terjal seperti air terjun kebanyakan. Tempat ini dikelola dengan baik sehingga anda bisa berjalan dari lokasi parkir menuju air terjun melewatui jalan yang sudah bagus dan cenderung datar melewati gerai kuliner di samping kanan dan kiri jalan. Banyak sekali fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan antara lain gazebo, camping ground, Musholla, area parkir yang luas serta area permainan outbond. Belum lagi pemandangan yang akan membuat anda terpukau. Penasaran ?

Rute jalan yang bisa anda tempuh untuk sampai disini kalau dari Bandungan terus saja ke arah pasar Sumowono, kemudian ikuti jalan ke arah Boja atau Semarang. Tidak jauh dari pasar, anda akan melihat asrama militer yang didekatnya terdapat petunjuk arah menuju curug, tinggal ikuti petunjuk tersebut dan dalam jarak sekitar 3 kilometer anda kan sampai di lokasi. Nah, kalau anda ingi berkunjung di curug ini, disarankan jangan pada hari-hari libur karena tempat ini akan sangat padat oleh wisatawan yang tidak hanya dari dalam kota akan tetapi juga luar kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar