Minggu, 05 Juni 2016

Air Terjun Santi Tlogowungu Pati

Destinasi Alam : Air Terjun Tretes
Air terjun Santi merupakan bagian dari 2 air terjun, yaitu air terjun Tretes dan air terjun Jenar yang berada ditebing sungai di lereng Gunung Muria bagian timur dan bertepat di Dukuh Santi Kecamatan Gunungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Jawa Tengah dengan jarak 20 km dari pusat kota.

Air Terjun Tretes dan air terjun Jenar mempunyai ketinggian dan tempat yang berbeda namun berada dalam satu lokasi.

Air terjun tretes berada tak jauh dari pemukiman warga dan mempunyai air terjun dengan debit air yang tidak terlalu besar dan mempunyai terjunan air yang tidak terlalu dalam.

Sedangkan Air terjun Jenar berada di atas kawasan air terjun tretes dengan jarak tempuh -+500 meter. Air Terjun Jenar mempunyai debit air yang lebih besar dengan kedalaman terjunan air yang lebih dalam dari Air Terjun Tretes.

Air terjun tretes dan air terjun jenar yang berada dikawasan air terjun Santi ini memang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Pati.

Tempat tersebut bisa dikatakan masih perawan, karena belum banyak yang tau tentang tempat wisata ini. Tempat wisata yang merupakan surga tersembunyi yang ada di kabupaten pati. Meskipun infrastruktur yang ada belum memadai. Namun, tempat tersebut sangat cocok untuk anda kunjungi karena sensasinya yang luar biasa.

Ada dua jalur yang bisa dilewati untuk menuju air terjun santi. Yang pertama lewat Desa Pasucen menuju kecamatan Tlogowungu, lurus ikuti jalan nanti akan sampai di Desa Gunungsari. Jika telah sampai di SD Pangonan 02, berarti anda telah memasuki wilayah Desa Gunungsari. Di sekitar SD tersebut anda bisa menitipkan kendaraan anda karena untuk menuju lokasi air terjun santi hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Jalur kedua melewati kecamatan Gunungwungkal. Anda hanya perlu mengikuti jalan utama sampai di wilayah perbatasan kecamatan Gunungwungkal dengan kecamatan tlogowungu. Akses jalan menuju ke lokasi tersebut sudah rusak parah dan sangat berkelok-kelok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar