Jumat, 10 Juni 2016

Pulau Karimun Jawa Jepara

Sudah pernah mengunjungi tempat ini ?. bagi Anda yang tinggal di Jawa Tengah pastinya sudah mengenal tempat wisata yang satu ini. dan bagi Anda yang belum pernah mengunjunginya, ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok untuk tempat menghilangkan penat dan berlibur.

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.

Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus. Karimunjawa merupakan objek wisata kepulauan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa, tempat ini terletak di Laut Jawa dan masuk dalam kawasan Kabupaten Jepara - Jawa Tengah. Destinasi wisata yang satu ini terdiri dari daratan dan lautan dengan luas daratanya sekitar 1.500 hektar dan luas perairanya sekitar 110.000 hektar. Perkembangan wisata yang satu ini sangatlah pesat, hal ini tidak luput dari dukungan Pemerintah setempat untuk terus berupaya dalam mengembangkan potensi daerah disektor pariwisata, sampai sekarang ini banyak digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.
Ditempat ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat mengagumkan mulai dari keindahan terumbukarang, pantai yang bersih dan keindahan gugusan pulau yang menghiasi lautan Jawa, tidak hanya itu beberapa pemandangan bukit yang pesonanya juga sangat memukau akan Anda dapatkan dengan mengunjungi Bukit Love, Bukit Nyamplungan dan Bukit Joko Tuo yang ada di Karimunjawa. Disini juga banyak wahana isata yang dapat di mainkan seperti: snorkeling, mincing, menyelam, banana boat dll.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota atau luar Pulau Jawa, untuk dapat mengunjungi tempat ini Anda bisa menggunakan transportasi udara dengan transit di bandara Ahmad Yani - Semarang, kemudian dari Semarang ada dua pilihan alternatif perjalanan yaitu dengan menggunakan jalur udara dan juga jalur perjalanan laut. Apabila Anda memilih menggunakan jalur perjalanan udara, perjalanan akan dilanjutkan ke Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan menggunakan pesawat jenis CASSA 212 dengan waktu perjalanan 30 menit. Pesawat ini memang disediakan oleh salah satu pengelola resort di Karimunjawa ( Kura – Kura Resort ). kemudian apabila Anda memilih menggunakan jalur transportasi laut, dari Semarang perjalanan Anda akan dilanjutkan menuju pelabuhan Tanjung Mas - Semarang, dari sini Anda dapat menaiki kapal KMC Kartini menuju ke Karimunjawa dengan waktu perjalanan kurang lebih 4 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar