Kamis, 09 Juni 2016

Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan merupakan sebuah pantai cantik berpasir putih yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Jepara, hanya berjarak 7 km saja. Sehingga, pantai ini menjadi tempat wisata favorit warga Jepara dan sekitarnya karna mereka tidak perlu berkendara terlalu jauh jika ingin menikmati indahnya suasana pantai. 
Karna lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota inilah sehingga pantai Bandengan tidak pernah sepi pengunjung. Pantai ini selalu ramai apalagi saat liburan. Pantai Bandengan memiliki bibir pantai yang sangat landai dengan ombak yang cenderung tenang. Anak-anak pun bisa bermain air di pantai ini dengan pengawasan dari orang tua. Pemandangan pantai ini sangat indah dengan air biru dan pasir yang putih. Ombak di tempat inipun tidak terlalu besar sehingga aman digunakan untuk bermain. Di pantai ini anda bisa menemukan berbagai macam wahana permainan seperti jet ski, kano, maupun ATV. Jika anda beruntung anda juga bisa menyaksikan festival layang-layang yang ada di pantai ini. 


Jaman dulu, pengelolaan pantai ini masih dipegang oleh warga setempat. Namun, setelah diambil alih oleh pemerintah, pengembangan kawasan wisata ini menjadi semakin masif dan semaki banyak pengunjung yang datang kemari. Di sekitar pantai terdapat banyak sekali wahana yang bisa dicoba pengunjung. Banana boat, jet ski, ATV, hingga kano bisa kamu coba saat sedang di pantai ini



Mungkin belum banyak yang tahu bahwa nama asli dari pantai ini adalah Pantai Tirto Samudro atau juga sering disebut Pantai Klein Scheveningen. Nama Pantai Bandengan sendiri adalah nama yang lebih dikenal masyarakat secara umum. Ada sebuah cerita yang melatar belakangi nama “Bandengan”. Pada jama dulu Amir Hasan, putra dari Sunan Muria diperintahkan untuk memperdalam dan mengembangkan ajaran Islam di pulau Karimunjawa. Setibanya di Pantai Tirto Samudro ia melihat banyak sekali ikan bandeng sehingga daerah ini (dan juga pantai) dinamakan Bandengan.

Pantai Bandengan sendiri terletak di desa dengan nama yang sama dengan pantai. Desa ini berada di kecamatan Jepara, kabupaten Jepara. Pantai Bandengan ini merupakan salah satu dari deretan pantai utara yang ada di pulau Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar